Resep masakan sambal bajak khas jawa tengah

Resep masakan sambal bajak khas jawa tengah - Kali ini resep masakan nusantara akan berbagi resep masakan khas jawa tengah. Jika kemarin kita mengenal dan membahas tentang resep masakan khas jawa tengah yang berupa resep masakan tahu gimbal dan resep masakan nasi gandul, maka sekarang resep masakan nusantara akan berbagi resep cara membuat sambal bajak khas jawa tengah.

Resep sambal bajak khas jawa tengah

Resep sambal bajak khas jawa tengah
Resep sambal bajak khas jawa tengah
Resep sambal bajak khas jawa tengah ini sama dengan resep membuat sambal di daerah-daerah indonesia lain. Tetapi pada Resep sambal bajak khas jawa tengah ini ditambahkan bahan lain untuk membuatnya, yaitu air asam yang digunakan untuk menambah sensasi segar pada sambal bajak khas Jawa Tengah ini. Jadi bukan hanya rasa pedas yang dirasakan, tapi juga sensasi yang segar saat makan menggunakan sambal bajak khas Jawa Tengah ini. 

Bagi anda yang sudah penasaran bagaimana cara untuk membuat sambal bajak khas Jawa Tengah ini, maka, sekarang resep masakan nusantara menghadirkannya khusus untuk anda. Langsung saja, ini dia Resep masakan sambal bajak khas jawa tengah

Bahan sambal bajak :

2 buah cabai merah besar
3 buah cabai rawit merah
4 butir bawang merah
1 sdt terasi bakar
2 buah tomat, potong kecil-kecil
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai, memarkan
1 sdt garam
1 sdm gula merah sisir
2 sdm air asam (dari 1 sdt asam jawa dan 2 sdm air)
minyak untuk menumis

Pelengkap:
4 potong tempe panggang
1 potong ayam goreng
1/2 buah mentimun, potong-potong
3 lembar kol, potong-potong
2 lonjor kacang panjang, potong 6 cm

Cara membuat sambal bajak:

1. Haluskan cabai merah besar, cabai rawit merah, bawang merah, dan terasi bakar.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan bersama daun salam, lengkuas, serai, garam, dan gula merah hingga harum.
3. Masukkan tomat, aduk-aduk.
4. Tambahkan air asam. Masak hingga matang.
5. Angkat, sajikan bersama pelengkap.

Selesai sudah, bagaimana mudah bukan untuk membuat sambal bajak khas Jawa Tengah ini. Tunggu apalagi ayo segera coba Resep masakan sambal bajak khas jawa tengah ini.