Resep kue 8 jam khas Sumatera Selatan

Resep kue 8 jam khas Sumatera Selatan - Kue 8 jam Mungkin bagi sebagian orang banyak akan bertanya-tanya kenapa kue ini namanya sangat unik yaitu kue 8 jam, yang ejaannya sangat berbeda dengan kue-kue tradisional lainnya yang menggunakan nama sesuai logat bahasa daerah masing-masing. Kue ini dinamakan kue 8 jam karena konon kabarnya kue ini dalam proses pembuatannya memakan waktu yang agak lama yaitu kurang lebih 8 jam, sehingga kue ini dinamakan kue 8 jam.


Resep kue 8 jam khas Sumatera Selatan



Resep kue 8 jam khas Sumatera Selatan
Resep kue 8 jam khas Sumatera Selatan

Kue 8 jam sering disajikan untuk para tamu terhormat dan juga sering ada ketika hari raya tiba. Namun untuk sekarang kue 8 jam ini bisa dengan mudah didapatkan ditoko-toko kue di kota Palembang, sehingga bagi anda yang sedang berlibur ke kota ini tentu saja akan lebih mudah untuk bisa mendapatkannya, atau mungkin juga bisa anda beli untuk oleh-oleh buat keluarga anda.

Kue yang memiliki nama unik ini, memiliki rasa yang manis, legit dan ketika digigit juga empuk sehingga bagi siapapun pasti akan suka dengan kue 8 jam ini termasuk anak-anak. Karena kue 8 jam ini khas sumatera selatan, maka sedikit sulit untuk menemukannya dikota lain. Oleh karena itu bagi anda yang belum punya waktu untuk berlibur ke Palembang dan ingin mencicipi kue 8 Jam maka yang terbaik adalah mencoba untuk membuatnya sendiri. Dan untuk itulah resep masakan nusantara mencoba menghadirkan resep kue 8 jam khas Sumatera Selatan hanya untuk anda.



Bahan membuat kue 8 jam

  • 22 butir telur bebek
  • 420 gram gula pasir
  • 1 kaleng susu kental manis (395 cc)
  • 2 sdm tepung terigu
  • ½ sdt vanili
  • 50 gram margarin, cairkan
  • loyang persegi ukuran 20x20 cm, olesi margarin
CARA MEMBUAT KUE 8 JAM :
  1. Kocok telur dan gula pasir hingga larut tetapi jangan terlalu mengembang, saring. Tuang susu kental manis, aduk. Masukkan terigu dan vanili, aduk. Tuang margarin cair, aduk rata.
  2. Tuang adonan ke dalam loyang. Kukus selama 8 jam dengan api kecil hingga matang.
  3. Angkat, setelah dingin benar barulah kue ini bisa dipotong-potong dan disajikan.

Tips membuat kue 8 jam


  • Sebelum loyang dimasukkan ke dalam kukusan, didihkan terlebih dahulu airnya lalu kecilkan api.  Agar permukaan kue tidak mengebung.
  • Jika air kukusan berkurang, sebaiknya tambahkan dengan air panas sedikit demi sedikit agar tidak kering.
  • Bungkus tutup dandang dengan kain agar uap air tidak menetes pada kue yang dikukus.
  • Untuk bikin kue ini biasanya dimasak di atas kayu bakar karena memerlukan waktu yang relatif lama.
Bagaimana, sekarang terasa lebih mudahkan. Tunggu apalagi ayo segera coba resep kue 8 jam khas sumatera selatan untuk sajian buka puasa anda.