Resep masakan sambal petis jawa timur

Resep masakan sambal petis jawa timur - Ini merupakan artikel pertama dari kumpulan resep nusantara. Resep pertama yang akan kita sajikan datang dari Jawa Timur. Kenapa jawa timur?. Provinsi jawa timur ini memang dikenal dengan resep masakan yang sangat bervariasi. Tetapi dari banyaknya resep masakan khas jawa timur, ada satu bahan yang selalu tak ketinggalan anda di setiap resep masakan khas jawa timur ini yaitu petis.

Petis adalah bahan olahan makanan penyedap yang teruat dari udang, warnanya coklat kehitaman, tetapi meskipun begitu rasanya yang sangat lezat dan khas membuat setiap resep masakan khas jawa timur terasa begitu istimewa. Tapi perlu diperhatikan dalam memilih petis, karena dipasaran beredar petis kelas 3 yang diwarnai dengan bahan kimia agar terlihat seperti petis kelas 1.

Beragam resep masakan khas jawa timur diantaranya ada pecel, lontong balap, rawon dan tahu tek. Penasaran dengan dengan rasa dari aneka resep masakan khas jawa timur ini? Ayo sekarang kita coba untuk membuat Sambal goreng petis khas jawa timur. Lihat resep masakan dan bahan-bahan yang dibutuhkan dibawah ini.


Resep masakan sambal petis jawa timur

Resep masakan sambal petis jawa timur
Resep masakan sambal petis jawa timur


Bahan :
5 sdm petis udang
12 buah cabai rawit yang diiris halus
2 cm lengkuas yang dimemarkan
1 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
2 sdm air asam
3 sdm minyak untuk menumis
300 ml santan
Garam secukupnya

Bahan bumbu halus :
5 buah cabai merah
5 buah cabai hijau
6 siung bawang putih
1 cm kunyit
12 butir bawang merah
Garam secukupnya

Cara Memasak :
1. Tumis bumbu yang dihaluskan bersama lengkuas, daun salam dan daun jeruk sampai harum dan matang.
2. Selanjutnya masukkan campuran cabai rawit, air asam, petis udang ke dalam tumisan.
3. Tuang juga santan ke dalam tumisan, lalu didihkan.
4. Masak sampai sambal berminyak.
5. Angkat dan siap untuk sajikan.

Waahh sangat menggoda selera sekali  resep masakan sambal goreng petis khas jawa timur  ini. Bagaimana? kelihatan mantap bukan dan bahan masakan sambal goreng petis khas jawa timur ini mudah didapat. Ayo tunggu apalagi?.