About Us

Resep membuat Bir pletok khas Betawi

Resep membuat Bir pletok khas Betawi

Resep membuat Bir pletok khas Betawi - Kali ini resep masakan nusantara akan berbagi resep cara membuat bir pletok khas betawi. Bir? mungkin bagi kebanyakan  orang jika mendengar kata "Bir" akan mengkonotasikan kedalam hal negatif. Minuman yang mampu menyebabkan mabuk. Tapi jika yang dibahas adalah "Bir Pletok" maka istilah negatif itu sirna. Bir pletok khas betawi ini sama sekali tidak mengandung alkohol. 

Resep membuat Bir pletok khas Betawi

Resep membuat Bir pletok khas Betawi
Bir pletok khas betawi


Bir pletok adalah minuman khas betawi yang dibuat dari campuran jahe. Bir pletok lahir pada zaman penjajah Belanda. Orang-orang Belanda mengkonsumsi Bir untuk menghangatkan badan, hal inpun kemudian ditiru oleh masayarakat betawi. Akan tetapi karena masyarakat betawi adalah muslim, maka dibuatlah minuman yang tidak mengandung alkohol karena haram menurut agama islam, tapi mampu menghangatkan tubuh. Dan akhirnya terciptalah bir pletok dengan jahe sebagai bahan utama dengan sensasi rasa pedas, wangi dan hangat dari bir pletok.

Ada bahan khusus yang digunakan untuk memberi warna merah pada Bir Pletok. Kayu Secang , Sering digunakan sebagai pewarna merah alami pada aneka makanan/minuman (wedang secang, es secang, dan lain-lain) dan obat tradisional. Dapat diperoleh di pasar tradisional atau di depot jamu dalam bentuk serutan tipis. 

Bagi anda yang ingin sekali menikmati sensasi rasa bir pletok. Resep masakan nusantara mencoba menjawab dan memenuhi rasa ingin tahu anda dengan menyediakan resep cara membuat bir pletok khas betawi ini supaya anda tidak usah jauh-jauh datang ke Jakarta dan anda bisa memperkaya wawasan memasak anda. inilah resep membuat bir pletok khas betawi

Bahan bir pletok 

  • 500 g jahe tua
  • 1 L air
  • 600 g gula pasir/ gula batu
  • 25 g kayu secang *)
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • 3 lembar daun pandan, sobek-sobek
  • 1 batang kayu manis
  • 1 sdm merica hitam

CARA MEMBUAT BIR PLETOK

  • Bakar jahe, memarkan. Masukkan ke dalam panci bersama sisa bahan. Rebus hingga mendidih dan harum.
  • Kecilkan api, didihkan perlahan hingga air berwarna merah dan berkurang hingga 700 ml. Matikan api, diamkan hingga hangat. Saring dan dinginkan di lemari es.
Bagaimana, menarik bukan, tunggu apalagi ayo segera coba resep cara membuat bir pletok khas betawi. Coba juga asinan khas betawi yang nikmati jika dinikmati saat cuaca panas.


Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by bela aja, Published at 12.00

h

Google
Copyright © 2013 Kumpulan Resep Nusantara