Resep masakan ayam lodho tulung agung

Resep masakan ayam lodho Tulungagung - Nyam nyam, kali ini mau buat apa ya? Ke jawa timur lagi yuk. Kali ini salah satu masakan yang terkenal di Tulungagung namanya Ayam lodho. Nasi ayam lodho adalah makanan yang mempunyai resep atau bahan dasar ayam dengan rempah-rempah resapan bumbu bersantan. Jika dilihat dari wujudnya, mungkin sedikit serupa dengan opor atau kare ayam karena sama-sama berjenis masakan bersantan.Tapi meski terlihat serupa, nasi ayam lodho punya kekuatan cita rasa tersendiri. Selain memakai ayam kampung yang tentunya jauh lebih lezat ketimbang ayam negeri, bumbu-bumbu berupa rempah-rempah asli Indonesia menjadi salah satu faktor penentu yang membuat makanan ini begitu spesial di lidah.

Ciri khas nasi ayam lodho sebenarnya terletak pada citarasa pedas. Meski begitu hanya ada beberapa tempat yang khusus menyediakan menu nasi ayam lodho dengan rasa yang super pedas atau biasa disebut nasi ayam lodho setan. Selain rasa pedasnya yang menggigit, keistimewaan nasi ayam lodho juga terletak pada racikan bumbu rempah dan santannya. Ayam kampung yang sudah terasa enak kian terasa nikmat dengan resapan bumbu rempah-rempah yang menggoyang lidah.

Biasanya untuk menghasilkan citarasa nasi ayam lodho yang sempurna, daging ayam diolah melalui dua tahap. Pertama, daging direbus dalam rendaman santan kelapa dan racikan berbagai jenis rempah-rempah, antara lain: cabai rawit, daun salam, lengkuas, serai, daun jeruk, garam, bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, dan jinten bubuk. Setelah santan dan bumbu rempah-rempah benar-benar meresap, daging kemudian dibakar atau dipanggang di atas bara api dengan bahan bakar arang, baru kemudian disajikan bersama nasi putih hangat dan urap sebagai menu pelengkapnya.

Sekarang untuk topik utama apa yang harus disiapkan untuk membuat Ayam lodho


Resep masakan ayam lodho tulung agung

Resep masakan ayam lodho tulung agung
Resep masakan ayam lodho tulung agung



Bahan membuat ayam lodho


  • 1 ekor ayam, dibelah dua jangan sampai putus
  • Garam secukupnya
  • 8 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ½ sendok teh ketumbar butiran
  • 5 butir kemiri
  • 2 cm kunyit
  • 2 lembar salam
  • 1 tangkai serai, di memarkan
  • 3 lembar daun jeruk
  • 100 cc santan kental



Cara membuat ayam lodho


1. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri dan kunyit.

Tumis bersama salam, serai, jahe, daun jeruk. Tuangkan santan. Aduk rata.

2. Masukkan ayam. Biarkan diatas api kecil selama 10 menit. Lalu keluarkan ayam

Dan bakar

3. Selama dibakar, ayam harus selau diolesi adonan santan tadi

4. Sajikan ayam panas-pans bersama lalap

Itulah ulasan tentang Resep masakan ayam lodho tulung agung. Ada juga bahan masakan khas dari jawa timur yaitu Petis, tau gak? lihat disini.